Blogger Widgets Berkembangnya "Informasi dan Teknologi" ~ Arivyansyah.blogspot.com

Rabu, 13 Agustus 2014

Berkembangnya "Informasi dan Teknologi"

Pengertian teknologi - Pengertian teknologi sesungguhnya berasal dari bahasa perancis yakni “la teknique” yang bisa disimpulkan dengan “semua sistem yang dikerjakan didalam usaha untuk mewujudkan suatu hal dengan rasional”. Di dalam perihal ini yang ditujukan dengan suatu hal tersebut barangkali berbentuk benda atau konsep, pembatasan langkah yakni
dengan rasional yaitu penting sekali dipahami di sini sedemikian pembuatan atau pewujudan suatu hal tersebut bisa dikerjakan secara berulang ( repetisi ).
Teknologi di dalam arti ini bisa diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang sukses dibikin oleh manusia untuk meringankan serta menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga menunjukkan tentang bentuk dari karya cipta serta karya seni ( yunani techne ) manusia sebagai homo technicus. Dari sini muncullah arti “teknologi”, yang bermakna pengetahuan yang pelajari tentang “techne” manusia.
Pengertian Teknologi
Namun pemahaman seperti itu baru menunjukkan satu sisi saja dari kandungan kata “teknologi”. teknologi sesungguhnya kian lebih sebatas penciptaan barang, benda atau alat dari manusia sebagai homo technicus atau homo faber. Teknologi apalagi sudah jadi satu sistem atau susunan didalam eksistensi manusia di dalam Dunia.
Teknologi bukan lagi sebatas sebagai satu hasil dari daya cipta yang ada di dalam kekuatan serta keunggulan manusia, namun apalagi ia sudah jadi satu “dayapencipta” yang berdiri di luar kekuatan manusia, yang pada gilirannya lantas membentuk serta menciptakan satu komunikasi manusia yang lain.
Teknologi juga penerapan keilmuan yang pelajari serta mengembangkan kekuatan dari satu rekayasa dengan langkah serta tehnik spesifik di dalam satu bidang. Teknologi adalah aplikasi pengetahuan serta engineering untuk mengembangkan mesin serta prosedur supaya memperluas serta melakukan perbaikan situasi manusia atau sekurang-kurangnya melakukan perbaikan efisiensi manusia pada beberapa aspek.

Perbedaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi

Sistem Informasi yaitu sistem terintegrasi yang dapat menyediakan informasi yang berguna untuk penggunanya. Namun teknologi informasi yaitu hasil rekayasa manusia pada proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima hingga : lebih cepat, lebih luas sebarannya serta lebih lama penyimpanannya.
Dari pengertian di atas, bisa kita simpulkan Perbedaan Sistem Informasi serta Teknologi Informasi yaitu Sistem Informasi adalah sistem yang sediakan informasi untuk penggunanya. Kemudian Teknologi Informasi lebih kepada teknologi yang dipakai untuk mendukung seluruh aktivitas Sistem Informasi

Berkembangnya T.I



JAKARTA - Perkembangan teknologi informasi (TI) memang sangat menentukan masa depan anak bangsa. Bagaimana tidak, TI sangat dibutuhkan oleh semua orang seperti dunia kerja, maka tiap perusahaan pasti membutuhkannya.

Apalagi sekarang ini zaman globalisasi, maka tak heran jika para mahasiswa mendominasi memilih jurusan TI dan jurusan tersebut menjadi primadona di hampir semua kampus.

Belum lama ini, dalam debat Calon Presiden (capres) antara Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi dan Prabowo Subianto pun menekankan pentingnya menerapkan E-Governance dalam penyusunan anggaran, pemungutan pajak hingga pengurusan perizinan. Mereka juga menyepakati ekonomi kreatif sebagai akselerator utama pembangunan nasional.

Seperti Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Terpadu Nurul Fikri menyadari urgensi inovasi di bidang TI. Oleh karena itu, Ketua STT Nurul Fikri Rusmanto Maryanto mengatakan, sejak 1994, pihaknya menyelenggarakan lembaga kursus komputer berbasis Open Source.

"Kami menggalang ahli komputer untuk mendidik tenaga-tenaga muda yang mahir dan siap bekerja di sektor manapun,” ucap Pakar Linux itu, seperti keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu (13/8/2014).

Cukup banyak korporasi swasta dan lembaga negara yang bekerjasama dengan STT Nurul Fikri untuk pelatihan dan penyiapan sumber daya manusia (SDM) TI, seperti PT Bukit Asam, Matsushita dari Jepang, Huawei dari Cina, Nuvoton Technology Corporation dari Taiwan, Pusinfolahta TNI, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan Kementerian Sosial (Kemensos).

Selain itu, Pembantu Ketua III STT Nurul Fikri Masagus Hendri mengungkapkan, pihaknya juga menyelenggarakan pelatihan TI secara gratis kepada mahasiswa miskin dan kaum dhuafa yang bekerjasama dengan Lazis PLN.

"Mereka dididik secara intensif dan berhak mendapat sertifikat kompetensi berstandar nasional,” ujar Pemimpin Career Development Centre (CDC) itu.

Berdasarkan pengalaman tersebut, pada 13 Agustus 2012 lalu lembaga kursus dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Ada dua program studi (prodi) yang ditawarkan untuk tingkat sarjana, yaitu TI dan Sistem 
Informasi (SI).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Ir. Tifatul Sembiring pun juga pernah menghadiri momen ekspo dan menyatakan bahwa STT Nurul Fikri menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam format Cyber Campus. Seluruh proses belajar-mengajar diupayakan dengan metoda E-Learningmemanfaatkan multimedia.

Dalam rangka Dies Natalis ke-2, pada hari ini STT Nurul Fikri menggelar diskusi bersama Direktur Jenderal (Dirjen) PPI Kemenkominfo, Prof. Dr. Ing. Kalamullah Ramli dan Penemu alat deteksi kanker berbasis Tomografi, Dr. Warsito P. Taruno. Selain itu, hadir pula Sekretaris Pelaksana Kopertis IV Dr. Subahi Idris MSc., dan Pakar Pendidikan Ilmu Komputer Dr. Prihandoko. Diskusi tersebut akan diikuti oleh Kepala Sekolah dan Guru SMA/SMK/MA se-Jabodetabek.

STT Nurul Fikri memiliki motto “Cyber Campus for Innovation and Character Building”, mendorong upaya inovasi di berbagai bidang, terutama dengan memanfaatkan kemajuan TI. Daya saing Indonesia di pentas global akan semakin meningkat, jika potensi dan kompetensi kaum muda digembleng dalam bidang TI.


sumber; artikelterkait.com

               pengertian

0 komentar:

Posting Komentar